Cara Mengobati Luka Bakar di Atas Mulut Anda

Kulit eksternal Anda bukan satu-satunya area di tubuh Anda yang dapat dibakar. Menggigit sepotong pizza yang panas dapat membakar langit-langit keras Anda, juga dikenal sebagai atap mulut Anda. Seteguk meminum kopi panas atau mengunyah makanan segar oven dapat membakar lidah Anda. Mulut Anda memiliki banyak jaringan halus yang mungkin sensitif terhadap makanan dan minuman panas.

Jaringan-jaringan di mulut Anda lebih rentan terhadap luka bakar daripada jaringan lunak lainnya di dalam tubuh Anda karena mereka sangat halus dan tipis. Untuk menghargai sensasi makan dan minum, kulit ini harus halus. Ini dapat dengan mudah rusak sebagai hasilnya.
Cara mengobati luka bakar ringan di atap mulut Anda

Luka bakar tingkat satu (atau luka bakar ringan) di atap mulut Anda tidak memerlukan perawatan medis. Bahkan, mengobati luka bakar mulut yang paling ringan itu sederhana. Berikut beberapa perawatan umum yang dapat Anda gunakan di rumah.
Makanan dan minuman

Segarkan sesuatu yang dingin atau beku, seperti es, untuk membantu meringankan rasa sakit. Beberapa minuman, seperti susu, melapisi bagian dalam mulut Anda. Mereka memberikan lapisan lega bahwa air tidak bisa.

Makanan yang mungkin membantu meliputi:

    permen tanpa gula
    makanan halus, krim seperti yogurt, es krim, krim asam, dan keju
    makanan dingin atau beku seperti es muncul, puding, dan saus apel

Saat Anda sedang menyembuhkan, hindari makanan atau makanan renyah yang memiliki ujung atau ujung tajam. Makanan-makanan ini dapat memperburuk kulit. Hindari makanan pedas atau pedas juga. Pilihlah makanan yang dingin dan lembut sampai mulut Anda sembuh.
Bilasan mulut

Infeksi dari luka bakar mulut ringan jarang terjadi. Saltwater bilas dapat membantu dengan sakit mulut dan telah terbukti mempromosikan penyembuhan luka. Siapkan bilas dengan melarutkan 1/2 sendok teh garam dalam 8 ons air hangat. Ini harus dilakukan tiga sampai empat kali per hari.
Obat-obatan yang dijual bebas

Anda dapat menggunakan obat nyeri over-the-counter (OTC) untuk membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Obat OTC yang umum termasuk ibuprofen (Advil), acetaminophen (Tylenol), dan benzocaine (Orajel). Jangan mengambil lebih dari dosis harian yang direkomendasikan untuk masing-masing obat ini.
Lidah buaya

Aloe vera dapat menenangkan kulit yang terbakar dan dapat digunakan secara oral juga. Carilah larutan kumur yang mengandung ekstrak lidah buaya, seperti pilihan ini secara online. Aloe vera juga dapat ditemukan dalam bentuk gel dan jus. Saat ini, tidak ada studi yang membuktikan kegunaan lidah buaya dalam perawatan luka bakar mulut.
Apa yang harus dihindari saat penyembuhan

Mulut Anda biasanya sembuh sepenuhnya dalam waktu sekitar satu minggu. Untuk membantu mempercepat proses penyembuhan, berikut beberapa kiat yang dapat membantu:

    Hindari makanan dan minuman asam seperti tomat, jus jeruk, dan kopi.
    Hindari makanan pedas.
    Hindari produk dengan mint atau kayu manis (coba beralih ke pasta gigi tanpa rasa).
    Hindari alkohol dan produk tembakau.

Bagaimana mengetahui apakah luka bakar mulut parah

Luka bakar tingkat satu menyebabkan kerusakan kulit yang minimal. Mereka juga disebut “luka bakar superfisial” karena mereka mempengaruhi lapisan kulit terluar. Tanda-tanda luka bakar tingkat pertama termasuk:

    kemerahan
    peradangan ringan, atau pembengkakan
    rasa sakit
    kering, kulit mengelupas yang terjadi saat luka bakar sembuh

Luka bakar yang lebih parah, seperti luka bakar tingkat dua atau tiga, membutuhkan perhatian medis segera. Gejala luka bakar ini termasuk:

    sakit parah
    terik
    pembengkakan
    kemerahan

Selain lepuhan, Anda mungkin memperhatikan kantung nanah jika infeksi berkembang di mulut Anda.

Luka bakar tingkat tiga dapat memengaruhi syaraf di mulut Anda dan merusak struktur lainnya. Saraf yang terkena mungkin tidak dapat menyampaikan sinyal rasa sakit ke otak Anda. Jenis luka bakar ini dapat menyebabkan komplikasi berat.
Sindrom mulut terbakar

Anda mungkin merasakan sensasi terbakar di mulut Anda, dan itu mungkin tidak memiliki penyebab yang jelas. Jika rasa sakit ini berlanjut selama berhari-hari atau berbulan-bulan, Anda mungkin mengalami sindrom mulut terbakar (BMS).

Beberapa gejala umum BMS meliputi:

    rasa terbakar atau panas di mulut (tanpa alasan)
    mati rasa di mulut
    mulut kering
    logam, pahit, atau rasa tidak biasa lainnya di mulut
    nyeri atau mati rasa di lidah, bibir, atau gusi

BMS membuat Anda merasa seolah-olah Anda telah membakar atau menyaring jaringan di mulut Anda, tetapi tidak ada perubahan kulit yang nyata. Ini bisa ringan atau menyakitkan, seperti Anda tergigit sesuatu yang sangat panas. Tetapi BMS sering tidak dapat diprediksi dan dapat terjadi tanpa peringatan. Ini dapat berlangsung selama berhari-hari tanpa henti, atau hanya dapat muncul setiap beberapa hari atau bulan.

Ada dua jenis BMS. BMS primer tidak disebabkan oleh kondisi medis lain dan mungkin disebabkan oleh jalur saraf yang rusak. Secondary BMS disebabkan oleh kondisi medis seperti:

    diabetes
    masalah tiroid
    kekurangan vitamin
    infeksi mulut
    terapi kanker
    acid reflux
    trauma

Jika Anda merasa terbakar di mulut Anda untuk jangka waktu yang panjang, minta dokter Anda untuk menguji Anda untuk BMS. Sulit untuk didiagnosis. Dokter Anda mungkin menggunakan beberapa tes yang berbeda, termasuk tes darah, biopsi jaringan, tes air liur, atau tes alergi.

Perawatan untuk BMS bergantung pada penyebabnya. Tidak ada obatnya, tetapi dokter Anda dapat merekomendasikan perawatan berikut:

    lidokain atau obat topikal lainnya
    clonazepam, antikonvulsan
    obat oral untuk nyeri saraf
    cognitive behavioral therapy (CBT) untuk menenangkan rasa sakit

Dokter Anda mungkin juga merekomendasikan mengonsumsi suplemen makanan untuk mengobati sumber rasa sakit. Jika Anda memiliki gigi palsu, dokter Anda mungkin menyarankan untuk menggantinya.
Kapan harus ke dokter

Dalam beberapa kasus, mulut Anda yang terbakar bisa menjadi sangat menyakitkan sehingga pengobatan rumahan tidak memberikan bantuan apa pun. Anda mungkin mengalami luka bakar yang parah jika:

    luka atau bercak putih muncul di mulut Anda
    Anda mengalami demam
    luka bakar tidak cepat sembuh
    Anda mengalami kesulitan menelan

Carilah perawatan medis untuk luka bakar dengan gejala-gejala ini. Luka bakar mungkin memerlukan perawatan ruang gawat darurat atau kunjungan di kantor, tergantung pada tingkat keparahannya.

Luka bakar tingkat dua membutuhkan perawatan medis. Namun, Anda mungkin dapat meringankan rasa sakit dengan obat OTC seperti ibuprofen atau acetaminophen. Luka bakar tingkat tiga membutuhkan perawatan medis darurat.

Jika ragu, hubungi dokter Anda atau pergi ke pusat perawatan darurat. Jelaskan gejala Anda, perawatan apa yang telah Anda coba, dan seberapa baik mereka bekerja. Anda dan dokter Anda dapat memutuskan perawatan terbaik.

Jika Anda mengalami luka bakar yang parah, antibiotik mungkin diperlukan untuk melawan infeksi bakteri di mulut Anda. Beberapa antibiotik umum yang digunakan termasuk penicillin, amoxicillin / klavulanat, oksasilin, sefazolin, dan ampisilin. Jika ada kerusakan parah pada rongga mulut atau struktur sekitarnya, dokter Anda mungkin perlu melakukan cangkok kulit atau operasi lain untuk mengembalikan fungsi ke area tersebut.
Mulut terbakar pada anak-anak

Jika anak Anda mengalami luka bakar tingkat pertama di mulutnya, perlakukan luka bakar seperti yang Anda lakukan untuk orang dewasa. Mulai dengan memberi mereka susu atau cairan dingin atau beku lainnya. Jika anak Anda merasa sangat sakit, berikan mereka dosis obat yang tepat seperti ibuprofen dan acetaminophen. Jangan menggunakan obat-obatan yang mengandung bahan-bahan yang alergi pada anak Anda. Juga, gunakan benzocaine dengan hemat, karena telah terbukti menyebabkan efek samping yang jarang tetapi serius.

Kulit mungkin terkelupas selama dua hingga tiga hari sebelum mulai penyembuhan, dan dapat menyebabkan banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan pada anak Anda. Jika gejala tidak membaik setelah dua hari, bawa anak Anda ke dokter. Jika cairan atau nanah abnormal mulai bocor dari luka bakar atau anak Anda mengalami demam, segera hubungi dokter.

Jika anak Anda mengalami luka bakar tingkat kedua atau ketiga, bawalah ke dokter segera untuk perawatan dan penilaian penuh. Dokter juga dapat mengevaluasi apakah ada kerusakan pada saraf atau jaringan lain.
Pandangan

Sebagian besar luka bakar ringan dapat dirawat di rumah dan hilang dalam hitungan hari. Luka bakar mulut yang parah mungkin memerlukan perawatan jangka panjang untuk melestarikan jaringan kulit dan membantu menyembuhkan saraf di dalam mulut Anda. Temui dokter Anda jika Anda berpikir luka bakar Anda parah. Mendapatkan perawatan sangat penting untuk mencegah kerusakan permanen, jaringan parut, infeksi, dan komplikasi lainnya.

Tanya Jawab: Saran dari dokter gigi
Q:

Sebagai dokter gigi, saran apa yang Anda miliki untuk mengatasi luka bakar mulut?
SEBUAH:

Obat termudah untuk luka bakar mulut adalah pencegahan. Pastikan gigitan besar pizza telah dingin sebelum Anda memakannya. Selalu periksa seberapa panas barangnya sebelum dikonsumsi. Untuk bantuan segera, mengisap sesuatu yang dingin, seperti es batu atau es loli. Juga, yogurt, susu, atau madu dapat membantu melapisi area yang terbakar. Air garam hangat juga membantu. Garam bersifat antiseptik dan akan membersihkan dan mensterilkan area tersebut. Untuk membantu rasa sakit, cobalah obat-obatan yang dijual bebas seperti acetaminophen atau ibuprofen. Hindari makanan pedas, renyah, dan sitrus sambil menyembuhkan. Diet yang lembut dan halus dapat membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar