Sunburn Blister

Lepuh sunburn dapat muncul pada kulit setelah sengatan matahari yang parah, dan mereka bisa sangat menyakitkan. Lepuh ini biasanya akan muncul beberapa jam hingga sehari setelah paparan sinar matahari awal. Rasa sakit biasanya mulai mereda setelah 48 jam, meskipun kemungkinan akan memakan waktu setidaknya seminggu untuk melepuh dan terbakar sinar matahari memudar. Setelah mereka sembuh, Anda mungkin ditinggalkan dengan bintik-bintik yang lebih gelap atau lebih terang pada kulit yang bisa bertahan selama 6 hingga 12 bulan.

Apa yang terlihat seperti lepuh terbakar sinar matahari?

Apa gejala lepuh sunburn?

Lepuh sunburn adalah benjolan kecil, putih, berisi cairan yang muncul pada kulit yang sangat terbakar matahari. Kulit di sekitarnya mungkin merah dan sedikit bengkak. Mereka menyakitkan untuk disentuh dan bisa sangat gatal. Pelajari tentang berbagai jenis luka bakar di sini.
Bagaimana lepuh sunburn didiagnosis?

Dokter perawatan primer Anda atau dokter kulit dapat mendiagnosa dan mengobati lepuh sunburn. Seorang dokter biasanya dapat mendiagnosa lepuh sunburn berdasarkan penampilan. Mereka juga akan bertanya tentang berapa lama Anda terkena sinar matahari dan apakah Anda menggunakan perlindungan matahari apa pun.
Dapatkah lepuh sunburn menyebabkan komplikasi?

Sunburns yang cukup parah untuk menyebabkan lecet juga dapat menyebabkan keracunan matahari. Gejala keracunan matahari meliputi:

    muntah
    mual
    panas dingin
    demam
    pusing
    terik parah

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera cari pertolongan medis.

Lepuh sunburn yang muncul atau dipetik bisa terinfeksi. Ini dapat memerlukan perawatan dan dapat menyebabkan jaringan parut.

Jerawat yang parah - terutama yang cukup parah untuk menyebabkan lecet - secara signifikan meningkatkan kemungkinan kanker kulit.
Bagaimana lepuh terbakar sinar matahari dirawat?

Lepuh sunburn sering bisa dirawat di rumah. Untuk melakukan ini, Anda harus:

    Minum banyak air. Sunburns akan mengeringkan Anda, yang dapat mencegah melepuh dari penyembuhan.
    Tempatkan kompres dingin dan lembab pada lepuh untuk mengambil sebagian panas dari kulit Anda.
    Oleskan pelembab dengan aloe pada luka bakar. Kelembaban akan membantu melepuh cepat sembuh.
    Jangan mengambil atau meletup lepuh. Ini secara signifikan meningkatkan kemungkinan infeksi dan dapat menyebabkan kerusakan pada kulit yang dapat menyebabkan jaringan parut.
    Gunakan ibuprofen (Advil) untuk mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan yang signifikan.
    Hindari paparan sinar matahari sampai lepuh sembuh.

Seandainya lepuh itu meletus (jangan pingsan dengan sengaja), jaga area tersebut tetap bersih dan gunakan perban menggunakan kasa longgar setelah mengoleskan salep antibiotik. Jagalah area yang ditutupi dengan perban untuk mempercepat penyembuhan.

Saat membersihkan area, gunakan air dingin, jangan menggosok area, dan gunakan pembersih antibakteri ringan untuk menghilangkan drainase yang berlebihan, berhati-hatilah untuk tidak menggosok terlalu keras. Jangan gunakan bola kapas pada lepuh yang muncul, karena serat kecil mungkin menempel pada luka dan meningkatkan kemungkinan infeksi.

Jika lepuh Anda parah, dokter Anda mungkin akan meresepkan kortikosteroid untuk pembengkakan dan gatal. Mereka juga dapat meresepkan krim luka topikal untuk membantu menyembuhkan kulit lebih cepat.
Bagaimana bisa lepuh sunburn dicegah?

Cara terbaik untuk mencegah lepuh dari sengatan matahari adalah melindungi kulit Anda. Ketika Anda akan berada di luar, terapkan tabir surya dengan SPF minimal 30. Ingatlah untuk mengaplikasikan kembali tabir surya setiap dua jam saat aktif di luar. Kenakan pakaian pelindung untuk melindungi kulit Anda, seperti topi bertepi lebar yang menaungi wajah Anda.

Ini juga berguna untuk memeriksa obat Anda sebelum pergi ke matahari. Beberapa obat, seperti antibiotik, dapat menyebabkan kemungkinan pembakaran meningkat. Obat oral dan topikal yang mengobati jerawat juga dapat menyebabkan peningkatan kepekaan terhadap matahari secara signifikan.

Jika Anda curiga bahwa Anda terkena sengatan matahari, dinginkan sesegera mungkin untuk mengurangi tingkat luka bakar. Tetap di dalam ruangan atau di tempat teduh, minum banyak air, dan bilas kulit Anda dengan air dingin jika memungkinkan.

Namun, dengan jenis luka bakar ini kerusakannya begitu luas sehingga tidak mungkin ada rasa sakit karena kerusakan saraf.

Bergantung pada penyebabnya, gejala luka bakar derajat tiga dapat menunjukkan termasuk:

     warna putih dan lilin
     arang
     warna coklat gelap
     mengangkat dan tekstur kasar
     lecet yang tidak berkembang

Tanpa operasi, luka-luka ini sembuh dengan jaringan parut dan kontraktur yang parah. Tidak ada batasan waktu untuk penyembuhan spontan lengkap untuk luka bakar tingkat tiga.

Jangan pernah mencoba mengobati luka bakar tingkat tiga. Segera hubungi 911. Saat Anda menunggu perawatan medis, tingkatkan luka di atas hati Anda. Jangan melepas pakaian, tetapi pastikan tidak ada pakaian yang menempel pada luka bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar