Stretch Mark di Pinggul

Jika Anda memiliki stretch mark di pinggul Anda, Anda tidak sendirian. Hingga 80 persen orang mendapatkan stretch mark. Mereka lebih umum pada wanita, tetapi pria juga memilikinya.

Anda dapat mendiskusikan berbagai perawatan yang tersedia untuk stretch mark dengan dokter Anda. Dalam kebanyakan kasus, perawatan dapat memperbaiki penampilan stretch mark, tetapi tidak menyebabkan hilangnya lengkap mereka.
Apa itu stretch mark?

Stretch mark adalah area kulit yang terlihat seperti garis atau garis.

Ketika kulit direntangkan, ia mengganggu produksi normal protein utama (kolagen) yang membentuk jaringan ikat di kulit Anda. Ini dapat menyebabkan bekas luka yang disebut striae atau stretch mark.

Garis-garis paralel kulit tipis, kemerahan / keunguan ini dapat terjadi ketika ada peregangan cepat pada kulit, seperti ketika seseorang mengalami kenaikan berat badan yang cepat atau orang muda tumbuh selama masa pubertas. Bagi banyak orang, tanda-tanda ini akhirnya meringankan dan memiliki penampilan seperti bekas luka.
Perawatan topikal untuk menyingkirkan stretch mark di pinggul Anda

Setelah diagnosis apa yang menyebabkan tanda peregangan pada pinggul Anda, dokter Anda mungkin merekomendasikan perawatan topikal. Krim dan gel topikal untuk mengobati stretch mark meliputi:
Krim tretinoin

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2014 mencatat peningkatan dalam tampilan klinis striae terkait kehamilan dengan penggunaan tretinoin yang diresepkan, turunan dari vitamin A.
Krim Alphastria dan Trofolastin

Sebuah tinjauan 2016 dari 11 studi klinis mengakui bahwa kedua krim telah menunjukkan hasil positif. Namun, tidak jelas apakah krim bekerja lebih baik untuk mengurangi tampilan stretch mark pada tahap awal atau selanjutnya.

Krim Alphastria mengandung asam hyaluronic - diduga merangsang produksi kolagen - dikombinasikan dengan berbagai asam lemak dan vitamin.

Krim trofolastin mengandung ekstrak Centella asiatica (gotu kola), ramuan obat yang dianggap meningkatkan produksi kolagen.
Gel silikon

Gel silikon sering digunakan untuk mengobati bekas luka hipertrofik. Dalam satu studi 2013 dari 20 orang, silikon gel meningkatkan kadar kolagen dan menurunkan kadar melanin dalam tanda peregangan.

Bicarakan dengan dokter Anda jika Anda hamil atau menyusui sebelum menggunakan produk ini.
Pilihan pengobatan lain untuk stretch mark di pinggul Anda

Jika Anda ingin menghilangkan stretch mark di pinggul Anda, ada berbagai pilihan perawatan yang dapat mengurangi munculnya stretch mark.

Tidak ada perawatan, bagaimanapun, telah disetujui untuk sepenuhnya menghilangkan mereka untuk sebagian besar orang. Pilihan termasuk:
Terapi laser

Terapi laser memperbaiki dan meregenerasi sel-sel kulit dan digunakan untuk melembutkan dan meratakan munculnya stretch mark. Itu tidak menjanjikan untuk sepenuhnya menghilangkan stretch mark, tetapi itu dapat memudar mereka dan membuat mereka kurang terlihat bagi sebagian orang.

Harapkan perawatan beberapa minggu hingga 20 sesi.
Plasma kaya trombosit

Sebuah studi penelitian 2018 dari 30 orang menunjukkan bahwa suntikan plasma kaya trombosit (PRP) dapat membantu dalam membangun kembali kolagen, membuat tanda peregangan kurang terlihat.

Penelitian yang sama menyimpulkan bahwa injeksi PRP lebih efektif dan menawarkan respons terapeutik yang lebih baik daripada tretinoin.
Microneedling

Microneedling sering disebut sebagai terapi induksi kolagen. Ini memicu pembentukan elastin dan kolagen dengan membuat tusukan kecil di lapisan atas kulit. Mengharapkan hingga enam perawatan selama sekitar enam bulan untuk memaksimalkan hasil.
Mikrodermabrasi

Microdermabrasion adalah proses yang menggunakan instrumen abrasif untuk menghilangkan lapisan kulit luar kulit dengan lembut. Sebuah studi 2014 menemukan bahwa mikrodermabrasi memiliki tingkat dampak yang sama pada stretch mark sebagai krim tretinoin.
Perawatan diri untuk stretch mark

Sering stretch mark akan berubah lebih terang dan praktis hilang setelah penyebab peregangan dihilangkan. Langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu proses itu meliputi:
Menghindari kortikosteroid

Krim, losion, dan pil kortikosteroid menurunkan kemampuan kulit untuk meregang, dan itu bisa mengatur panggung untuk stretch mark. Hindari mereka jika memungkinkan.
Air minum

Tetap terhidrasi. Jika kulit Anda tidak mendapat cukup air - sekitar delapan gelas sehari - itu akan menjadi kurang lentur dan fleksibel.
Makan diet sehat

Diet dapat memengaruhi kesehatan kulit, jadi apa yang Anda makan dapat berperan dalam stretch mark.

Untuk mencegah stretch marks, Anda harus memastikan diet Anda sehat, seimbang, dan kaya vitamin dan mineral, khususnya:

    vitamin C
    vitamin E
    seng
    silikon

Memijat dengan minyak

Para pendukung penyembuhan alami menyarankan sejumlah pengobatan rumah untuk mengurangi munculnya atau menghilangkan stretch mark. Ini termasuk memijat striae dengan minyak, seperti:

    Minyak argan
    minyak kelapa
    minyak zaitun
    minyak almond

Studi kajian 2015 menunjukkan bahwa minyak zaitun dan mentega coklat tidak menunjukkan efek positif atau negatif.

Di sisi lain, sebuah studi 2012 dari 95 wanita hamil di Turki menunjukkan bahwa kombinasi pijat dengan minyak almond memiliki hasil positif dalam mengurangi perkembangan stretch mark.

Para peneliti tidak yakin apakah efek positif memijat dengan minyak disebabkan oleh minyak atau pijatan.
Apa yang menyebabkan stretch mark?

Stretch mark adalah hasil dari sejumlah penyebab termasuk:

    Sindrom Cushing
    Sindrom Ehlers-Danlos
    Sindrom Marfan
    pembentukan kolagen yang abnormal
    terlalu sering menggunakan krim kulit kortison
    obat-obatan yang menghalangi pembentukan kolagen
    riwayat keluarga stretch mark
    kehamilan
    masa pubertas
    kegemukan

Kapan mengunjungi dokter Anda tentang stretch mark

Jika Anda melihat stretch mark tanpa mengalami perubahan fisik seperti penambahan berat badan yang cepat atau kehamilan, buatlah janji dengan dokter Anda.

Juga, beberapa orang sadar diri tentang stretch mark di pinggul mereka. Jika Anda depresi tentang stretch mark Anda, dan itu berdampak pada kehidupan sehari-hari Anda, konsultasikan dengan dokter Anda.
Bawa pulang

Tanda peregangan pada pinggul sering terjadi. Jika mereka membuat Anda merasa tidak nyaman dengan penampilan Anda, Anda memiliki sejumlah alternatif perawatan.

Saat Anda mempertimbangkan pilihan, pahamilah bahwa tidak mungkin stretch mark Anda akan hilang sepenuhnya.

Luangkan waktu bersama dokter Anda untuk meninjau opsi perawatan, harapan, dan kemungkinan efek samping sebelum membuat keputusan mengenai perawatan tanda peregangan pada pinggul Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar