Perubahan Kulit Trimester Ketiga Kehamilan

Kondisi kulit dan ruam dapat terjadi kapan saja selama kehamilan Anda. Perubahan kulit utama yang dapat muncul menjelang akhir kehamilan meliputi:

    pembuluh mekar
    spider nevi
    letusan kulit
    stretch mark

Pembuluh mekar

Varises adalah pembuluh darah yang membesar yang terlihat seperti tali yang bengkok, dan bisa berwarna merah, biru, atau warna kulit Anda. Mereka paling sering berkembang di kaki, tetapi mereka juga bisa berkembang di vulva, yang dikenal sebagai vulva varicosities.

Varises lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria, dan muncul lebih sering selama kehamilan daripada di waktu lain. Mereka dapat terjadi sepanjang kehamilan, tetapi mereka dapat memburuk selama trimester ketiga. Pada tahap ini, hormon menyebabkan vena melebar sehingga mereka dapat membawa lebih banyak darah.

Juga, ketika uterus terus berkembang, ia menekan vena cava inferior, vena yang membawa darah dari kaki dan kaki ke jantung.

Meskipun varises tidak dianggap sebagai masalah medis, mereka mungkin menyakitkan. Beberapa cara untuk meminimalkan varises termasuk:

    tidak duduk dengan kaki menyilang atau berdiri untuk waktu yang lama
    menjaga kaki Anda tetap tinggi bila memungkinkan dan memakai stoking kompresi
    Berolahraga untuk menjaga sirkulasi yang sehat.

Varises kemungkinan akan menjadi lebih baik setelah Anda melahirkan bayi Anda, tetapi jika mereka tidak ada beberapa pilihan perawatan berbeda yang dapat Anda diskusikan dengan dokter Anda.
Spider Nevi

Spider nevi mirip dengan varises karena disebabkan oleh pembuluh darah yang membesar. Namun, spider nevi terjadi di pembuluh darah kecil yang terletak tepat di bawah permukaan kulit Anda.

Spider nevi akan muncul sebagai garis merah yang muncul dari titik pusat. Mereka jarang menyakitkan, tetapi beberapa orang mungkin tidak menyukai penampilan mereka. Sebagian besar waktu mereka akan hilang setelah melahirkan.
Letusan kulit

Kadang-kadang disebut papul urtikaria pruritus dan plak kehamilan (PUPPP), lesi karakteristik merah, timbul, dan gatal. Ruam cenderung terletak di stretch mark, meskipun juga dapat membuat penampilan di paha, pantat, atau lengan. Penyebabnya tidak diketahui, tetapi itu tidak berbahaya bagi Anda atau bayi Anda.

Bagi sebagian besar wanita, PUPPP menghilang setelah melahirkan, dan biasanya hanya terjadi selama kehamilan pertama. Jika Anda mengalami ruam ini dan itu mengganggu Anda, mandi dengan oatmeal atau soda kue dapat memberikan sedikit bantuan. Juga, berbicara dengan dokter Anda bisa membantu. Mereka mungkin meresepkan antihistamin.
Stretch Marks

Stretch mark sangat umum pada kehamilan. Biasanya, mereka adalah tanda merah atau putih pada kulit Anda, dan paling sering ditemukan pada payudara, perut, dan paha atas.

Kulit Anda memiliki serat yang memungkinkan kulit Anda meregang dan tumbuh. Namun, pertumbuhan yang terjadi terlalu cepat dapat merusak serat-serat ini.

Stretch mark biasanya berwarna ungu atau merah ketika mereka pertama kali muncul karena pembuluh darah di dermis menunjukkan. Mereka biasanya memudar setelah melahirkan, tetapi mungkin sulit untuk menghilangkannya sepenuhnya.
Pandangan

Sebagian besar perubahan kulit yang terjadi selama kehamilan akan hilang setelah Anda melahirkan bayi Anda. Bicaralah dengan dokter Anda jika ada perubahan kulit Anda yang membuat Anda tidak nyaman, atau jika Anda memiliki kekhawatiran. Mereka dapat meresepkan perawatan Anda dan memastikan bahwa perubahan itu bukan gejala dari kondisi yang lebih serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar