Jenis Luka bakar

Luka bakar adalah salah satu cedera rumah tangga yang paling umum, terutama di kalangan anak-anak. Istilah "membakar" berarti lebih dari sensasi terbakar yang terkait dengan cedera ini. Luka bakar ditandai dengan kerusakan kulit yang parah yang menyebabkan sel-sel kulit yang terkena mati.

Kebanyakan orang dapat pulih dari luka bakar tanpa konsekuensi kesehatan yang serius, tergantung pada penyebab dan tingkat cedera. Luka bakar yang lebih serius membutuhkan perawatan medis darurat segera untuk mencegah komplikasi dan kematian.
Gambar luka bakar
Tingkat membakar

Ada tiga jenis luka bakar utama: pertama, kedua, dan ketiga. Setiap derajat didasarkan pada tingkat keparahan kerusakan kulit, dengan tingkat pertama menjadi yang paling ringan dan tingkat ketiga yang paling parah. Kerusakan meliputi:

    luka bakar tingkat pertama: merah, kulit tidak membujur
    luka bakar tingkat dua: melepuh dan beberapa penebalan kulit
    luka bakar tingkat tiga: ketebalan meluas dengan penampilan yang putih dan kasar

Ada juga luka bakar tingkat empat. Jenis luka bakar ini mencakup semua gejala luka bakar tingkat tiga dan juga meluas di luar kulit menjadi tendon dan tulang.

Luka bakar memiliki berbagai penyebab, termasuk:

    panas dari panas, cairan mendidih
    luka bakar kimia
    luka bakar listrik
    kebakaran, termasuk api dari korek api, lilin, dan korek api
    paparan sinar matahari berlebihan

Jenis luka bakar tidak didasarkan pada penyebabnya. Scalding, misalnya, dapat menyebabkan ketiga luka bakar, tergantung pada seberapa panas cairan itu dan berapa lama ia tetap kontak dengan kulit.

Luka bakar kimia dan listrik menjamin perhatian medis segera karena mereka dapat mempengaruhi bagian dalam tubuh, bahkan jika kerusakan kulit kecil.
Luka bakar tingkat satu

Luka bakar tingkat satu menyebabkan kerusakan kulit yang minimal. Mereka juga disebut “luka bakar superfisial” karena mereka mempengaruhi lapisan kulit terluar. Tanda-tanda luka bakar tingkat pertama termasuk:

    kemerahan
    peradangan ringan, atau pembengkakan
    rasa sakit
    kulit kering dan mengelupas terjadi saat luka bakar sembuh

Karena luka bakar ini mempengaruhi lapisan atas kulit, tanda-tanda dan gejala-gejalanya hilang begitu sel-sel kulit mati. Luka bakar tingkat satu biasanya sembuh dalam 7 hingga 10 hari tanpa jaringan parut.

Anda masih harus menemui dokter jika luka bakar mempengaruhi area kulit yang luas, lebih dari tiga inci, dan jika itu di wajah Anda atau sendi utama, yang meliputi:

    lutut
    pergelangan kaki
    kaki
    tulang belakang
    bahu
    siku
    lengan bawah

Luka bakar tingkat pertama biasanya dirawat dengan perawatan di rumah. Waktu penyembuhan mungkin lebih cepat semakin cepat Anda mengobati luka bakar. Perawatan untuk luka tingkat pertama meliputi:

    merendam luka dalam air dingin selama lima menit atau lebih lama
    mengambil acetaminophen atau ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit
    menerapkan lidocaine (anestesi) dengan gel lidah buaya atau krim untuk menenangkan kulit
    menggunakan salep antibiotik dan kasa longgar untuk melindungi daerah yang terkena

Pastikan Anda tidak menggunakan es, karena ini dapat memperburuk kerusakan. Jangan pernah mengoleskan bola kapas ke luka bakar karena serat kecil dapat menempel pada cedera dan meningkatkan risiko infeksi. Juga, hindari pengobatan rumahan seperti mentega dan telur karena ini tidak terbukti efektif.
Luka bakar tingkat dua

Luka bakar tingkat dua lebih serius karena kerusakan melampaui lapisan atas kulit. Jenis luka bakar ini menyebabkan kulit melepuh dan menjadi sangat merah dan perih.

Beberapa lepuh terbuka, memberi luka bakar penampilan basah atau menangis. Seiring waktu, jaringan yang tebal, lembut, dan keropeng yang disebut fibrinous exudate dapat berkembang di atas luka.

Karena sifat luka yang lembut ini, menjaga area bersih dan membalutnya dengan baik diperlukan untuk mencegah infeksi. Ini juga membantu menyembuhkan luka bakar lebih cepat.

Beberapa luka bakar tingkat kedua membutuhkan waktu lebih dari tiga minggu untuk sembuh, tetapi sebagian besar sembuh dalam dua hingga tiga minggu tanpa jaringan parut, tetapi sering dengan perubahan pigmen pada kulit.

Semakin buruk lepuh itu, semakin lama membakar akan dibutuhkan untuk menyembuhkan. Dalam beberapa kasus yang parah, pencangkokan kulit diperlukan untuk memperbaiki kerusakan. Mencangkok kulit mengambil kulit yang sehat dari area lain dari tubuh dan memindahkannya ke lokasi kulit yang terbakar.

Seperti luka bakar tingkat pertama, hindari bola kapas dan perawatan rumah yang bisa dipertanyakan. Perawatan untuk luka bakar tingkat ringan yang ringan umumnya meliputi:

    menjalankan kulit di bawah air dingin selama 15 menit atau lebih lama
    mengambil obat nyeri over-the-counter (acetaminophen atau ibuprofen)
    menerapkan krim antibiotik untuk melepuh

Namun, carilah perawatan medis darurat jika luka bakar mempengaruhi area yang luas, seperti salah satu dari yang berikut:

    menghadapi
    tangan
    pantat
    kunci paha
    kaki

Luka bakar tingkat tiga

Tidak termasuk luka bakar tingkat empat, luka bakar tingkat tiga adalah yang paling parah. Mereka menyebabkan kerusakan paling banyak, meluas melalui setiap lapisan kulit.

Ada kesalahpahaman bahwa luka bakar tingkat tiga adalah yang paling menyakitkan. Komplikasi

Dibandingkan dengan luka bakar tingkat pertama dan kedua, luka bakar tingkat tiga membawa risiko paling besar untuk komplikasi, seperti infeksi, kehilangan darah, dan syok, yang sering menyebabkan kematian. Pada saat yang sama, semua luka bakar membawa risiko infeksi karena bakteri dapat masuk ke kulit yang rusak.

Tetanus adalah komplikasi lain yang mungkin terjadi dengan luka bakar di semua tingkatan. Seperti sepsis, tetanus adalah infeksi bakteri. Ini mempengaruhi sistem saraf, yang akhirnya menyebabkan masalah dengan kontraksi otot. Sebagai aturan praktis, setiap anggota rumah tangga Anda harus menerima suntikan tetanus terbaru setiap 10 tahun untuk mencegah jenis infeksi ini.

Luka bakar yang parah juga membawa risiko hipotermia dan hipovolemia. Suhu tubuh yang sangat rendah menandakan hipotermia. Sementara ini mungkin tampak seperti komplikasi yang tak terduga dari luka bakar, kondisi ini sebenarnya didorong oleh kehilangan panas tubuh yang berlebihan akibat cedera. Hipovolemia, atau volume darah rendah, terjadi ketika tubuh Anda kehilangan terlalu banyak darah akibat luka bakar.
Mencegah semua derajat luka bakar

Cara terbaik untuk melawan luka bakar adalah dengan mencegahnya terjadi. Pekerjaan tertentu menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar untuk luka bakar, tetapi kenyataannya adalah kebanyakan luka bakar terjadi di rumah. Bayi dan anak-anak adalah yang paling rentan terhadap luka bakar. Langkah-langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan di rumah meliputi:

    Jauhkan anak-anak dari dapur saat memasak.
    Putar pegangan pot ke bagian belakang kompor.
    Tempatkan alat pemadam api di atau dekat dapur.
    Uji detektor asap sebulan sekali.
    Ganti detektor asap setiap 10 tahun.
    Pertahankan suhu pemanas air di bawah 120 derajat Fahrenheit.
    Ukur suhu air mandi sebelum digunakan.
    Kunci korek api dan korek api.
    Pasang penutup outlet listrik.
    Periksa dan buang kabel listrik dengan kabel yang terbuka.
    Jauhkan bahan kimia dari jangkauan, dan kenakan sarung tangan selama penggunaan bahan kimia.
    Kenakan tabir surya setiap hari, dan hindari sinar matahari puncak.
    Pastikan semua produk rokok mati sepenuhnya.
    Bersihkan perangkap kain secara teratur.

Penting juga untuk memiliki rencana pelarian darurat dan berlatih dengan keluarga Anda sebulan sekali. Jika terjadi kebakaran, pastikan untuk merangkak di bawah asap. Ini akan meminimalkan risiko pingsan dan terjebak dalam api.
Prospek untuk luka bakar

Ketika diobati dengan benar dan cepat, prospek luka bakar tingkat pertama dan kedua adalah baik. Luka bakar ini jarang parut tetapi dapat mengakibatkan perubahan pigmen pada kulit yang terbakar. Kuncinya adalah meminimalkan kerusakan dan infeksi lebih lanjut. Kerusakan luas akibat luka parah derajat kedua dan derajat tiga dapat menyebabkan masalah pada jaringan kulit, tulang, dan organ dalam. Pasien mungkin memerlukan:

    operasi
    terapi fisik
    rehabilitasi
    bantuan perawatan seumur hidup

Sangat penting untuk mendapatkan perawatan fisik yang cukup untuk luka bakar, tetapi jangan lupa untuk mencari bantuan untuk kebutuhan emosional Anda. Ada kelompok-kelompok pendukung yang tersedia untuk orang-orang yang telah mengalami luka bakar parah, serta konselor bersertifikat. Pergi online atau berbicara dengan dokter Anda untuk mencari kelompok pendukung di daerah Anda. Anda juga dapat menggunakan sumber daya lain seperti Bantuan Pembakaran Luka Bakar dan Yayasan Bakar Anak-Anak.
Q:

Mengapa membakar luka bakar berbahaya?
SEBUAH:

Icing luka bakar dapat meringankan rasa sakit awal yang berhubungan dengan cedera. Tetapi pada akhirnya, membakar luka bakar akan memperlambat proses penyembuhan. Selain itu, dalam beberapa kasus, mengeringkan luka bakar dapat menyebabkan radang dingin ke area kulit yang sudah rusak dan sensitif. Lebih baik untuk menjalankan luka bakar dengan air dingin dan menutup area dengan kasa bersih tanpa salep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar